Thursday 21 March 2013
Hastag: ,

Anak Pantai Main Ke Gunung

Yah, itulah judulnya kali ini karena kenapa .. gue sebenernya lebih sering ke Pantai / Pulau dibandingkan gunung sebelumnya. Berhubung ada anak Backpacker Jabodetabek yang posting Sharing Cost ngajakin ke gunung Gede, ya Why Nut ? (kenapa kacang) #gubrak .. Tanpa mikir panjang langsung bilang "Oke gue ikut" dan ini adalah perjalanan pertama gue nanjak gunung di tanggal 1-2 Desember 2012 ke Gunung Gede (lumayan juga sih buat pemula) atur jadwal kantor beres, duit udah ada .. daaaaan gear belum lengkap #mewek tapi itu ga buat gue putus semangat.

Jum'at Malam (30 November 2012)
Janjian ketemu di terminal Kampung Rambutan jam 21:00 WIB disana, waktu sudah menunjukan pukul 7 malam tapi gue masih di kantor karena nungguin hujan berhenti, setengah jam kemudian hujan pun mulai meredah dan gue pun memutuskan untuk balik ke kostsan dan packing, packing seadanya dan semampunya karena terburu buru tanpa mikirin apa yang bakalan terjadi nantinya.
Packing beres kemudian ada SMS masuk dari salah satu teman nanjak (Wening) yang bilang klo dia udah lama nunggu di Kampung Rambutan (niaaaaaat .. hahah), karena gue ga tau jalan menuju Kampung Rambutan alhasil nanya ke Dia buat kesana naik apaan, dan gue pun berangkat ke terminal Blok M dulu untuk naik Metro ke Kampung Rambutan, setelah cari sana sini angkutan menuju Kampung Rambutan akhirnya ketemu juga angkutan yang bawa gue kesana (walaupun transit ke pasar rebo dulu) .. oke skip anggap aja udah mau sampe.

Dan sampelah gue di Kampung Rambutan dan langsung ketemu sama Dika Kodel, Wiwik, dan Wening kemudian berkenalan gue sama Wening karena itu pertama kali gue ketemu sama Wening ...
Jam pun menunjukan Pukul 22:00 WIB namun kita belum berangkat juga karena kita masih nunggu satu orang lagi, ya namanya Randy (untung bukan Rendy) salah satu anak BPI (Bacpacker Indonesia) .. setengah jam keudian dia baru sampe di Kampung Rambutan dan bilang klo Jakarta Macet :hammer
alhasil kita gelabakan dong mau naik apaan jam segitu buat ke Cipanas karena kebanyakan angkot berangkat jam 9 malam, tanya sana sini akhirnya kita ketemu juga angkot menuju Pasar Cipanas dengan tarif (Rp. 15.000/orang *klo ga salah) .. Perjalanan dari Kampung Rambutan menuju Pasar Cipanas lumayan lama memakan waktu 3 Jam .. dan sampelah kita di Pasar Cipanas pukul 02:30 WIB

Sabtu Pagi (01 Desember 2012)
Sesampenya di Pasar Cipanas kita duduk duduk dulu dan sambil beli Logistik untuk dibawa naik nantinya, yang ga akan tinggal mah si Item (Kopi Item), ga lama kemudian ada angkot yang nawarin buat naik ke Pos Penjagaan Gunung Putri dan kita berdiskusi untuk naik angkot itu apa ga (Rp. 10.000/orang *klo ga salah) .. Sehabis beli Logistik kita naik angkot tadi, perjalanan dari Pasar Cipanas menuju Pos Penjagaan lumayan lama sekitaran 30 Menit, sesampenya kita di Pos Penjagaan ternyata pendaki yang mau nanjak rame juga, ada kali 100 orang lebih, kita pun sampe di Pos Penjagaan pukul 03:00 dan memutuskan untuk beristirahat sejenak di Masjid dekat Pos Penjagaan (sambil nunggu subuh)

Panggilan Sholat pun datang, kita Sholat dulu disana sekaligus istirahat nunggu pagi, tidur tiduran sejenak ga taunya ketiduran sampe pukul 6 Pagi (sampe sampe dibanguni penjaga masjidnya) setelah bangun kita cari sarapan dulu ga jauh dari masjid, ada banyak warung disana dan kita pun sarapan dulu ..
Sehabis sarapan (pukul 07:00 WIB) kita memutuskan untuk naik .. Dan tidak lupa Laporan dulu di post penjagaan, setelah laporan, oh iya pada saat laporan ini ada yg ga mengenakan, gue kan pake sandal gunung tuh ga lupa bawa sepatu karena buru buru alhasil kena denda sama petugas post penjagaan,disuruh buat surat perjanjian diatas materai ... nasib nasib .. tapi yasudahlah kita skip dulu kejadian ini .. hahaha ..
Setelah laporan di pos, kita jalan ngikutin jalur yang sudah di sediakan, baru 300M gue pun bertanya dengan polosnya .. "Masih lama ga?" #Gubrak alhasil pada ketawa semua dan gue minta waktu sebentar buat ambil nafas karena gue belum terbiasa buat nanjak sambil bawa Daypack yg berat .. liat kiri kanan terbentang sawah, petani, warga .. widih udah kayak di lukisan anak SD bro ... hahahaha

Perjalanan dari pos penjagaan menuju pos pertama lumayan lama kira kira 1 Jam .. Sesampenya di pos pertama kita foto foto dulu ... ciaciacia

Sehabis foto foto kita lanjut lagi jalan menuju post 2 yang jaraknya lumayan jauh ..
Post demi post pun terlewatkan walaupun dengan susah payah menggapainya (halah)
oh iya, gue sempat kaget pas di jalan ada yang dagang kopi di pinggir jalan ..

Dan kitapun memutuskan untuk istirahat sejenak sambil melepas penat dengan secangkir kopi dan mie siap saji. Setelah kopi habis kita lanjut lagi jalan menuju post post berikutnya .. Disepanjang jalan gue banyak lihat pendaki yang kelelahan, ada yg gagal betislah .. ada yg ngos ngosanlah, bahkan ada yg ngerumpi di semak semak (gubrak) .. Disepanjang jalan gue banyak ngobrol sama si Wening, entah itu curhat, entah itu masalah pribadi, habisnya si Wening ga bisa diem .... hahaha. Oh iya si Kodel pernah bilang gini pas mau ambil jalur pendakian "Coba lihat di sekitar lo, ada sampah ga ? bungkus permen atau apalah itu, klo ada berarti itu jalur yg benar" dan benar saja ... ternyata itu bukan mitos .. emang kenyataannya kayak gitu, banyak pendaki alay yg sembarangan buang sampah di sepanjang jalur ..

Kita langsung aja yah bro ke cerita 100M lagi menuju surken (surya kencana) soalnya klo diceritain detik demi detik bakalan panjang banget ini posting .. hahaha
Oke deh kira kira 100M lagi sampe di surken, gue jalan sendirian karena di tinggal sama yg lain .. beneran sendirian gue, ga ada temen ga ada pendaki laen .. ya go a head aja deh ngikutin jalur .. Surken udah kelihatan dan gue langsung kagum liatnya (Subhanallah) keren sumpah, lalu gue cari rombongan gue yg ternyata udah guling gulingan di rumput surken --"
Ga lama dari duduk duduk sebentar di rumput Surken, kitapun memutuskan untuk pasang tenda disana karena udah Jam 3 Sore .. Baru mau pasang tenda eeh tiba tiba langsung hujan dan berkabut padahal terik banget matahari (mungkin ini yang dibilang alam ga bisa di tebak) alhasil kebun basah semua (halah lagu bocah ini) .. sambil pegangin tenda yg belum kepasang karena hujan badai kitapun menggigil kedinginan karena dingin dan basah .. setelah 30menit hujanpun berhenti dan kita lanjutin pasang tenda dan repacking ..
Karena kedinginan dan menggigil dan udah mau sore, kitapun memutuskan untuk masak dan makan siang ..

Makan seadanya, Mie + Kornet + Nasi + Sosis + dll (hahaha)
emang bener kata orang, klo makan Mie diatas gunung itu sungguh sesuatu, beda banget klo di kostsan .. ckckck (dan semuanya pun lahap) selesai makan, gelar matras di luar tenda dan sambil dengerin musik, wuuuih cakep banget bro, jadi kangen nanjak lagi dah gara gara nulis ini cerita.
Oh iya, tau ga ? yg nenda disini cuma kita doang (karena ketidak tahuan kita) banyak yg nenda di bukit bukit dekat sumber air ternyata yang jaraknya 1 KM dari tenda kita :nohope
Ngomong ngomong masalah sumber aer nih, sorenya gue, Randy, sama Kodel mau ambil aer karena stok aer kita udah mau habis jadi kita bertiga mau ambil aer di sumber aer .. (kata siapa sumber aer sudekat? lumayan jauh 1KM jalan kaki .. hahaha) .. ambil aer udah dan hari sudah gelap kita bertigapun jalan menuju Tenda .. lalu tiba tiba kabut datang (pertanda) yak pertanda bakalan ada hujan / badai sebentar lagi (karena musim hujan bro) benar saja, ga berapa lama hujan pun deras dan kita bertiga kebingungan mau kemana, alhasil seradak seruduk tenda orang numpang teduh, untung pendaki pada baek baek dah .. di izinilah kita buat berteduh di tendanya yg ga terlalu gede sampe sampe kaki ga bisa gerak .. hahaha, lumayan lama sih di tenda pendaki itu, ada kali 1 jam nungguin hujan .. Hujan pun berhenti dan hari sudah gelap (untung sebelumnya bawa headlamp semua) kitapun berpamitan sama nyang punya tenda dan tidak lupa mengucapkan terimakasih :)

Kali ini emang alam ga bisa di tebak, yang tadinya udah cerah tiba tiba hujan badai lagi, ga bisa kemana mana lagi karena kita udah terlanjur jauh jalan dari tempat para pendaki nenda, otomatis kita jalan sambil koprol eeh maksudnya jalan sambil berkabut ria, hahaha .. Jarak pandang antara headlamp sama jalan cuma 2 Meter, udah kayak orang buta bener .. Menggigil dan Kedinginan itulah yg dirasa pas perjalanan sesudah ambil stok air .. Kitapun di jalan teriak teriak gajelas karena jalan ga kelihatan, siapa tau yang ditenda denger dan bilang "Bang Bakso Bang" *Jlebb .. Ga berapa lama kita teriak teriak ada suara yang balas teriakan "Woi udah sampe woi" ahaaaa berarti udah mau sampe nih di tenda ... seradak seruduk kayak Celeng dikejar warga saking dinginnya dan sampelah kita di tenda dan langsung tepar ... hahaha
untungnya si Wening dan Wiwik sebelumnya udah bikin kopi hangat dan jahe hangat ... wuuuih langsung lega dah ... lalu setelah itu kita siapin makan malam dan menunya ga jauh jauh dari Mie Instan .. hahaha
Mantebdah pokoknya, sampe nambah gue saking lapernya .. hahaha ..
Makan udah, ngopi udah saatnya kita memejamkan mata dan kembali kepadaNya ..
Oh iya, rencananya sih sore tadi kita mau summit tapi apalah daya badan sudah tidak kuat lagi dan hari sudah gelap + badai .. dan kitapun masuk ke tenda masing masing untuk beristirahat .. malemnya dingin banget bro udah kayak di kutub (kayak pernah kesana aja) .. oke kita sambung ceritanya langsung ke besok paginya karena besok pagi mau summit.

Minggu Pagi Buta (02 Desember 2012)
Flashback bentar yak ... Sebelum kita ke Gunung Gede, sempat berbincang bincang didalam bis menuju cipanas klo ada mitos "Nasi uduk Pagi Buta" dan bener saja, pukul 04:30 WIB ada yang teriak "Nasi uduk, Nasi Uduk (sambil gedor gedor tenda)" :nohope sampe kaget gue klo ada yang jualan nasi uduk dan itu bukan hanya mitos tapi nyata .. hahaha
Nasi uduk di bandrol dengan harga Rp. 5.000 ... dan ga cuma 1 orang yang jualan, tapi banyak dan ada bocah juga yang dagang .. walaaaah
Kitapun terbangun karena Alarm "Nasi uduk" hahaha dan bergegas untuk summit tapi tidak lupa untuk Subuhan dulu .. Semua sudah beres dan kitapun bergegas menuju puncak ..
Perjalanan dari surken menuju puncak lumayanlah .. sekitar 1 Jam .. Oh iya, kemarin jalan menuju puncak sudah di kasih tangga bebatuan dan ada beberapa pekerja yang masih bikin jalur batu .. cakep deh pokoknya ..
Seperti biasa, gue yang paling terakhir jalan dan sendiri lagi T.T anak anak udah pada sampe diatas dan gue masih istirahat .. 10 meter lagi sampe puncak gue langsung lari bro, di dalam hati (wah bentar lagi .. wah bentar lagi) *sambil tari india ... hahaha .. Sampelah gue di puncak bro (asli ini ga bohong, gue pengen nangis pas sampe puncak) .. langsung sujud sukur (sok naik Himalaya gue) hahaha .. lirik kiri kanan terbentang awan .. Ya Allah sungguh indah sekali ciptaanmu .. sempat berpikir gamau turun lagi pas udah sampe diatas .. hahah

Sesi foto foto dulu :

Dan masih banyak lagi foto foto lainnya, modem ga bersahabat bro .. segini aja ye fotonya :p
Oh iya, guekan bawa bendera tuh naek keatas, banyak yg mau pinjem ternyata (kayaknya ga boleh tinggal ini ntar klo mau nanjak lagi, soalnya laris manis) hahaha .. sambil muter muter bawa bendera dan teriak teriak "Bendera ... Bendera .. Goceng .. Goceng (ala dagang)" ada cewe cakep bro nyamperin sambil bilang "Bang bang, benderanya dong sewa" What The Fvck, dikata beneran kali gue calo bendera .. hahaha. Sambil nyengir, bilang "Nih neng gratis kok, apa yang ga buat neng" *Kejangkejang

Foto foto udah puas, kita memutuskan untuk turun (walaupun gamau) karena kita mau pulang hari ini juga, yak kita memutuskan turun dan packing buat pulang dengan sejuta cerita :)
Bener apa kata teorinya Pakde Albert Einsten "klo cepatan turun dari pada naik" (nenek nenek tatoan juga tau Ren !!) hahaha ..
Singkat cerita kita udah sampe di Post Pertama dan memutuskan untuk Sholat sebentar sambil ngopi ngopi dulu karena jarak antara Post 1 sama pemukiman penduduk hanya 1 Jam (apalagi turun) .. Beres semua, sholat udah, ngopi udah, ganti kostum udah .. daaaaaaaaaaaan kita turun ..
Dengan hati gembira walaupun kaki gemeteran dan nahan boker pas turun .. hahaha alhasil gue langsung ngacir ke Toilet terdekat pas udah sampe pemukiman penduduk (pos penjagaan) ..
Selesai semua deh tinggal cari tumpangan pulang kerumah masing masing ..
Didalam benak gue "Gue harus nanjak lagi pokoknya" (Udah keracunan).
Dengan hati riang gembira (klo kata Tasya penyanyi cilik mah) karena ini first summit gue .. senang dan bangga juga sih bro bisa nanjak .. hahaha
Lalu kita cari angkot buat ke pasar cipanas lagi dan naik Bus jurusan Kampung Rambutan (Jakarta) ..
Oke deh sekian dulu sampe sini kayaknya .. udah berbusa mulut gue ceritainnya (padahkan tangan yg gerak) hahahah .. yasudahlah (kata Bondan)

Terimakasih bagi yang sudah baca ... Semoga jadi Inspirasi buat yang lain.
Rendy pamit undur .. Asalammualaikum Wr.Wb :)